MANAJEMEN OPERASI

 

KOMPELISA merupakan Komunitas yang peduli akan lingkungan, KOMPELISA itu sendiri memiliki singkatan KOmunitas PEngelola LImbah SAmpah. Didalam ruang lingkup kompelisa banyak terdapat berbagai Divisi/ Manajemen antara Lain Manajeman Keuangan, Manajemen Regulasi dan Manajemen Operasi. Pada kesempatan kali ini yang akan kami bahas adalah mengenai Manajemen Operasi, dalam Manajemen operasi terdapat 3 unsur penting yaitu input, proses, output.

Manajamen operasi juga sangat besar kaitannya dengan keefektifan dan keefesienan sebuah komunitas maupun usaha yang ada, ini semua dikarenakan manajemen operasi adalah aktivitas yang berkaitan erat dengan produksi, yaitu kegiatan yang berawal dengan masukan / input yang diproses atau melalui tahap konversi sehingga menghasilakan output yang disebut produk baik berupa barang ataupun jasa.

Dalam setiap Divisi/ Manajemen yang berada dala ruang lingkup KOMPELISA, Masing – masing Manajemen memiliki Buku Panduan atau yang biasa yang disebut Modul. Seperti hal nya Manajemen lain yang terdapat dalam ruang lingkup KOMPELISA, Manajemen Operasi memili modul yang berjudul MODUL MANAJEMEN OPERASI yang didalamnya terdiri dari Prosedur – prosedur Operasi seperti :

  1. Pengendalian Dokumen dan Data
    Pengendalian Dokumen dan Data Prosedur ini dibuat untuk menjelaskan metode pengendalian dan perubahan dokumen dan data, memudahkan penelusuran dan pengendalian suatu dokumen dan data.
  2. Penanganan New Order pengangkutan Limbah B3 dan Transporter
    Prosedur ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana cara penanganan new order untuk pemastian bahwa semua penanganan order terkendali sesuai dengan system manajemen mutu ISO 9001 : 2008.
  3. Pengangkutan Limbah B3 dan Transporter
    Prosedur ini dibuat untuk menjelaskan tata cara Pengangkutan dan Penanganan Limbah B3 dari Penghasil Limbah B3 sampai ke Pengolah / Pemusnah.
  4. Perizinan dan Pemenuhan Regulasi
    Untuk menjelaskan tahapan proses pengurusan surat perizinan, pembuatan surat perjanjian, monitoring dan evaluasi surat perizinan.
  5. Perawatan Pengangkutan Limbah B3
    Prosedur ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana cara perawatan kendaraan milik KOMPELISA agar kendaraan selalu dalam kondisi siap pakai.
  6. Penerimaan Karyawan
    Prosedur ini bertujuan untuk menetapkan dan memelihara suatu system yang memberikan panduan dalam proses penerimaan karyawan baru agar teratur dengan persyaratan dan kebijakan perusahaan.
  7. Pembelian
    Prosedur ini bertujuan untuk menetapkan dan memelihara suatu system yang diberikan panduan dalam proses pembelian barang dan jasa berjalan efektif, dan dipastikan mendapatkan barang dan jasa sesuai persyaratan pengguna.
  8. Identifikasi dan Evaluasi Pemenuhan Peraturan
    Prosedur ini bertujuan untuk memastikan KOMPELISA dan unit usaha memenuhi hukum-hukum yang relevan, peraturan dan aturan bisnis yang mengacu kepada pelaku sesuai dengan undang – undang yang berlaku.
  9. Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) Pengangkutan Limbah B3
    Prosedur ini bertujuan untuk mencegah, mengurangi atau menghilangkan resiko bahaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3).

Demikian beberapa penjelasan mengenai ruang lingkup Manajemen Operasi dalam KOMPELISA, untuk lebih jelas silahkan klik Read More… untuk mengunduh Modul.